JAKARTA-Dalam Bidang Pertahananan dan keamanan, saat sepuluh tahun kepemimpinan Sulilo Bambang Yudhoyono (SBY)  keadaan keamanan dalam negeri jauh membaik. Antara lain ditandai dengan selesainya konflik bersenjata di Aceh dan sisa-sisa konflik komunal di berbagai wilayah Indonesia. Hal ini dipaparkan SBY saat Ulang tahun Partai Demokrat ke-17 di Gedung Jakarta Theater, Senin (17/9/2018).

SBY melakukan modernisasi kekuatan pertahanan dan Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) TNI, baik Angkatan Darat, Angkatan Laut maupun Angkatan Udara, secara masiv dan tergolong terbesar di tingkat kawasan. Begitu juga dengan modernisasi di Kepolisian. Di bidang hukum dan keadilan, SBY melakukan penegakan hukum termasuk pemberantasan korupsi yang agresif dan tidak tebang pilih. Pemberantasan terorisme dan kejahatan Narkoba juga dilakukan secara serius.

Satu hal yang mendasar dan dipegang teguh adalah tidak ada intervensi kekuasaan dan campur tangan politik dalam penegakan hukum dan keadilan selama 10 tahun kepemimpinan SBY. Di bidang demokrasi dan penghormatan terhadap  Hak Azazi Manusia (HAM), SBY telah melakukan konsolidasi dan pematangan kehidupan demokrasi, menjunjung tinggi kebebasan rakyat, termasuk kebebasan pers, serta memberikan ruang yg luas kepada civil society. Keberhasilan tersebut tidak jatuh dari langit. Ada rencananya, ada programnya, dan ada implementasinya. Ini semua memerlukan kepemimpinan dan manajemen pemerintahan yang efektif dari pusat hingga daerah. Jadi jelas bukan asal-asalan dan bukanlah auto-pilot.

 

#PidatoPolitikSBYS14P