Foto: Mas Ibas tengah menendang Bola di Ajang EBY Cup

 

JAKARTA-Ajang olahraga terbesar se-Asia untuk para kaum difabel yang digelar dari 8 Oktober-13 Oktober 2018 ini membuat Ketua Fraksi Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) begitu bangga dan terharu, pasalnya ajang ini begitu mengispirasi, menurutnya ini memotivasi diri agar jangan menyerah dengan tantangan juga memotivasi agar pemerintah terus memberikan pelayanan yang maksimal bagi penyandang difabel dengan membuat sarana dan prasarana yang ramah bagi penyandang difabel.

Ibas juga menuturkan, Kegiatan itu menjadi satu waktu justru akan mengkampanyekan warga difabel sebagai sesama manusia yang mempunyai hak dan kewajiban yang sama. “Saya bangga dan terharu, saya mendorong pemerintah agar terus memberikan yang terbaik untuk penyandang difabel sebab ajang ini punya manfaat yang baik yaitu kita sesama manusia punya hak dan kewajiban dalam berbangsa dan bernegara,” ujarnya Senin ( 8/10/2018)

Anggota Komisi X DPR RI ini juga meminta masyarakat mendukung ajang Asian Para Games, sama seperti dukungan untuk ajang Asian Games Agustus lalu.” Ayo kita dukung ajang Asian Para games, dengan semangat yang sama seperti ajang Asian games Agustus lalu,” cetus Ibas.

Ibas berharap Indonesia mampu merebut posisi juara Umum dalam Ajang Asian Para Games. “ Saya tentu berharap, dalam ajang ini Indonesia mampu juara, “ ucapnya.

Dari Ajang Asian Para Games ini, Ibas berharap kedepan, pemerintah lebih ramah terhadap penyandang Difabel, dengan memberikan fasilitas yang memadai , masyarakat juga diharapkan tidak ada diskriminasi terhadap  penyandang difabel.” Saya mendorong pemerintah lebih ramah penyandang difabel dengan memberikan pelayanan dengan fasilitas yang mendukung penyandang difabel untuk lebih produktif, juga tidak boleh ada perilaku diskriminatif terhadap penyandang difabel dikalangan masyarakat,” ujar putra bungsu presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Agar diketahui, Asian Para Games adalah ajang kompetisi para atlet difabel tingkat Asia. Ajang kompetisi ini menjadi sebuah tempat bagi para penyandang disabilitas untuk berprestasi. Jadi, segala keterbatasan fisik bukanlah kendala bagi penyandang disabilitas. Penyelenggaraan Asian Para Games 2018 fokus tempatnya hanya di Jakarta. Asian Para Games 2018 akan diikuti oleh 40 negara dengan total atlet sekitar 3.000 orang. Sebanyak 17 cabang olahraga akan dipertandingkan di Asian Para Games 2018. Beberapa cabang olahraga yang dipertandingkan, antara lain renang, bochia (boling dengan kursi roda), catur goalball, lawnball, judo, angkat berat, tenis meja, basket kursi roda, anggar, voli duduk, menembak, dan lain-lain. Cabang olahraga yang difavoritkan adalah atletik dan renang. Medali yang akan diperebutkan mencapai 581 medali.