JAKARTA-Pidato Politik Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono mengingatkan program penting dimasa kepemimpinannya, salah satunya program pro rakyat yang sangat membantu masyarakat kecil menengah dalam tema pidato ‘Utamakan Rakyat dan Bangun Politik Beradab’ di Gedung Jakarta Theater Jakarta Pusat dalam rangka perayaan Ulang Tahun Partai Demokrat (PD)  ke-17, Senin (17/9/2018).

Selama 10 tahun, SBY memimpin Indonesia dengan dukungan Partai Demokrat,  SBY menjalankan berbagai program pro rakyat, untuk mengurangi kemiskinan, pengangguran dan kesenjangan. SBY memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) atau Bantuan Langsung Sementara Masyarakat  (BLSM).  Ketika daya beli rakyat amat rendah dan tidak mampu mencukupi kebutuhan sehari-harinya. Memberikan Beras Untuk Rakyat Miskin (Raskin) dan  menjalankan Program Keluarga Harapan (PKH)  bagi rakyat yang sangat miskin. Menjalankan Jaminan Kesahatan Masyarakat (Jamkesmas) dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)  untuk membantu pelayanan kesehatan bagi rakyat kita.

SBY juga memberikan bantuan kepada kaum lanjut usia (Lansia) dan penyandang disabilitas. Menjalankan program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Pendidikan Mahasiswa Miskin Berprestasi  (Bidikmisi) untuk membantu kaum tidak mampu dalam bidang pendidikan. Memberikan Kredit Usaha Rakyat (KUR)  untuk membantu dan  mengembangkan pelaku Usaha Mikro, Kecil & Menengah (UMKM).

SBY juga menjalankan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM) untuk melakukan pembangunan di kecamatan, termasuk infrastruktur di desa-desa, yang diperkuat dengan pemberian Dana Desa sebagai Implementasi Undang Undang Desa tahun 2014. SBY juga meningkatkan gaji pegawai negeri, guru, TNI dan Polri serta upah buruh secara  signifikan. Tidak lupa, SBY juga memberikan bantuan subsidi kepada para petani, nelayan dan peternak. Meskipun program pro rakyat tersebut membutuhkan dana yg besar dan bnyak dikritik, SBY dan PD berpandangan negara tdk boleh mengabaikan kewajibannya membantu wong cilik.

Jika hari ini sebagian dari program-program tersebut diganti namanya. Sebagian yang lain ditiadakan. Hal ini tentu merupakan hak dari pemerintahan sekarang, yang penting bagi PD adalah negara dan pemerintah tidak mengabaikan kewajibannya membantu rakyat kecil.

 

#PidatoPolitikSBYS14P