Jakarta – Wacana penghapusan fraksi di DPR RI kembali mengemuka melalui gugatan uji materi ke Mahkama Konstitusi. Organisasi Gerakan Nasional Pemberantasan Korupsi (GNPK) meminta MK membubarkan keberadaan fraksi di DPR melalui sidang uji materi UU Nomor 27 Tahun 2009 tentang MPR, DPD, DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota (MD4).

 

Menanggapi hal ini, Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono mengatakan keberadaan fraksi di DPR RI sebagai perpanjangan tangan dari partai masih diperlukan karena dianggap penting untuk memperjuangkan kepentingan banyak golongan masyarakat. Menurutnya, peran partai politik yang memiliki visi misi dan garis perjuangan di DPR RI merupakan amanah konstituen partai politik yang terdiri dari berbagai golongan.

 

“Tidak tepat jika keberaddan fraksi  di DPR dihapus. Peran fraksi di DPR sebagai perpanjangan tangan partai politik adalah menjalankan amanah berbagai golongan masyarakat yang mempercayakan aspirasinya lewat partai politik,” tegas Ibas sapaan akrab politisi muda ini.

 

Untuk itu, anggota Komisi I DPR RI ini mendorong agar kinerja fraksi-fraksi di DPR RI khususnya Fraksi Partai Demokrat semakin ditingkatkan agar masyarakat dapat menilai keberadaan fraksi di DPR secara positif.**